Jumat, 14 Mei 2010

Robot Pembantu Rumah Tangga Akan Bahayakan Manusia


repost again :)

Dalam waktu dekat robot bisa membantu pekerjaan rumah tangga namun sebuah penelitian menyimpulkan, masa depan yang menggunakan robot untuk membantu pekerjaan rumah tangga bisa membahayakan manusia.

Sekelompok peneliti di Jerman mempelajari apa yang terjadi dalam kasus-kasus kecelakaan yang melibatkan robot menggunakan benda-benda tajam di sekitar manusia. Mereka menggunakan sebuah tangan robot yang memegang beragam alat tajam yang diprogram untuk berbenturan dengan obyek eksperimen seperti tangan manusia yang dibuat dari silikon.

Tangan robot seberat 14 kg dengan daya jangkau 1,1 meter itu dilengkapi dengan beragam alat-alat rumah tangga termasuk pisau steak, pisau dapur, gunting dan obeng.
'Mematikan'

Tangan robot diprogram untuk menggunakan alat-alat tajam tersebut untuk memotong dan menusuk tangan dari silikon, kaki babi yang sudah mati dan tangan seorang manusia yang menjadi relawan.

Dalam sejumlah kasus para peneliti menemukan bahwa tangan robot itu beberapa kali secara tidak sengaja "melukai" obyek tangan silikon dan kaki babi dengan potensi "mematikan".

Ketika uji coba menusuk dan melukai tangan relawan, sistem keamanan dinyalakan sehingga tidak menimbulkan luka berat.Berbagai uji coba itu dilakukan untuk melihat apakah ada sistem penjaga keselamatan yang bisa membatasi kecelakaan.

Penelitian itu dilakukan oleh para ilmuwan dari Institut Robotik dan Mekatronik Jerman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar